logo

News

Mengenal Jenis dan Fungsi Forklift

Mengenal Jenis dan Fungsi Forklift

Mengenal Jenis Forklift dan Fungsinya
Dalam sebuah bisnis dan industri baik retail ataupun manufaktur, pastinya sudah tidak asing lagi dengan kendaran yang berfunsi sebagai material handling ini, biasa di sebut Forklift.

Forklift berfungsi sebagai kendaraan pemindah barang dari satu tempat ke tempat lain dengan fungsi yang tentunya berbeda sesuai dengan tipe forklift itu sendiri.

Pastinya forklift akan sering kita jumpai di gudang, supermarket, pabrik dan lain lain. Di setiap gudang perusahaan biasanya terdapat forklift untuk mobilisasi barang. Forklift mampu mengangkat puluhan hingga ratusan kilogram berat benda dengan bantuan dua garpu yang terbuat dari bahan dasar logam besi. Dengan adanya forklift tentunya kegiatan operasional akan menjadi lebih efektif dan efisiaen.

Berikut jenis forklift yang ada di pasaran :
1. Forklift Diesel
Pertama ada forklift modern bernama forklift diesel, biasanaya forklift diesel memiliki kapasitas secara umum 1,5-10 ton , bahkan ada juga yang sampai 25 ton. Forklift ini menggunakan bahan bakar solar.
Forklift diesel sangat cocok digunakan untuk berbagai kegiatan outdoor. Itu karena bentuk forklift ini sangat memungkinkan untuk dioperasikan di ruangan terbuka.
Alat ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kebutuhan pemindahan barang berkapasitas besar di luar ruangan. Kapasitas forklift diesel memiliki mulai 1 sampai dengan 2 ton. Sementara tinggi angkatnya bisa mencapai hingga 6 meter.
2. Forklift Gasoline/ Bensin
Forklift jenis ini berbahan bakar bensin mirip seperti mobil, Forklift ini memiliki emisi lebih rendah jika di bandingkan dengan Diesel, meski memiliki emisi yang rendah namun tetap dianjur untuk penggunaan outdor. Fungsi dari forklift ini adalah untuk bongkar muat ataupun memindahkan barang dan menatanya pada tak yang tinggi. Forklift jenis ini sangat direkomendasikan untuk mobilitas barang di oudoor.
3. Forklift LPG
Forklift ini berbahan bakar LPG (Liquefied Petroleum Gas), Forklift ini lebih hemat dari pada Forklift berbahan bakar diesel dan bensin secara efisiensi, secara emisi juga lebih rendah jika dibandinkan dengan yang diesel, forklift jenis sudah cukup aman untuk di gunakan di dalam ruangan.
4. Forklift CNG
Forklift CNG ( Compressed Natural Gas) Forklift jenis ini secara efesiensi penggunaan bahan bakar lebih hemat lagi di bandikan dengan yang jenis LPG, Juga Forklift ini memiliki emisi yang juga rendah sehingga sudah sangat aman untuk penggunaan di dalam ruangan.
5. Forklift Elektrik
Forklift Elektrik menggunkan batrai sebagai penyimpan energi listrik untuk mengoprasikan forklift jenis ini, Forklift jenis ini adalah yang paling ramah lingkungan karena tidak ada emisi gas sama sekali, selain ramah lingkungan forklift ini juga yang paling efisien dalam penggunaan energy dan biaya, hal ini menjadikan forklift jenis ini paling hemat biaya bahan bakar dari pada jenis yang lain.

Secara pemilihan forklift selain dari mesinnya, forklift juga di bagi berdasarkan kapasitas dan lifting atau tinggi angkatan dari forklift tersebut.

Stecker
Stecker adalah material handling equipment yang berfungsi seperti forklift tetapi lebih sederhana yang diguakan di dalam gudang.
a. Stecker Manual
Stecker Manual adalah material handling equipment yang di gerakan secara manual untuk gerakan maju mundurdengan cara mendorong dan menarik mendorong dan menrik peralayan tersebut. Demikian juga untuk menaikan dan menurunkan dilakukan secara manual dengan mengenjot pedalnya.
b. Stecker semi elektrik
Stecker semi elektrik adalah material heandling equipment yang di gerakan secara manual untuk menggerakan maju dan mundur dengan cara mendorong, sedangkan menaikan dan menurunkan barang di lakukan dengan cara elektrik.
c. Stecker Elektrik
Material heandling equipment yang di gerakan secara elektrik untuk gerakan maju dan mundur dan equipment gerakan naik dan turun barang.
Palet Mover
Palet Mover adalah material handling equipment yang befungsi untuk memidahkan barang yang berada di atas pallet, Pallet mover di bagi menjadi 2 Macam yauitu:
a. Palet Mover Manual
Palet Mover di bagi menjadi 2 macam yaitu:
Palet mover manual dengan cara d itarik oleh operatornya
b. Palet Mover Eletrik
Palet mover elektrik adalah peralatan yang di gerakan menggunakan elektrik untuk menaikan dan maju mundur barang.


News Mengenal Jenis dan Fungsi Forklift

Latest News

News Daftar Harga Forklift Second Merek Toyota Hangcha Mima dan LainlainDaftar Harga Forklift Second Merek Toyota, Hangcha, Mima dan Lain-lain
Berikut Daftar Harga Forklift Second Berkualitas:
1. Forklift Diesel Toyota 62-8FB30, Kapasitas 3 TON, Lifting 3 Mtr Harga Rp. 155.000.000. (Bisa dinego)
2. Forklift Diesel Hangcha CPCD35N-RW13, Kapasitas 3,5 TON, Lifting 5 M
News Mengenal VNA ForkliftMengenal VNA Forklift
VNA Forklift ( Very Narrow Aisle) dapat mewujudkan efesiensi dan efektifitas dalam penumpukan dan pemuatan barang di kedua sisi jalan melalui putaran garpu 180 derajat dan pergeseran sisi kiri dan kanan. Saat mengambil barang, badan forklift tidak perlu diputar di lorong yang sempit, yang secara efektif mengurangi jarak antar rak barang, dengan begini kalian bisa menghemat ruangan dalam gudang atau tempat penympanan.
News lowongan Pekejaan PT Dynami Makmur Lestari Untuk Posisi Saleslowongan Pekejaan PT Dynami Makmur Lestari Untuk Posisi Sales
PT Dynami Makmur Lestari adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan berbagai jenis kebutuhan industri manufaktur di Indonesia. Kami memulai bisnis pada tanggal 1 Juni 2000 yang bertempat di Jalan Petojo Utara VII No 13C, Jakarta 10130. Sejak bulan Juni 2010, kami memiliki divisi baru yang bergerak di bidang Material Handling Equipment. Sekarang kami memiliki workshop dan gudang penyimpanan di Jalan Raya Bekasi KM 23 No. 62, Cakung, Jakarta Timur 13950. PT Dynami Makmur Lestari adalah pemilik resmi merek dagang Material Handling Equipment:
News Mengenal Jenis dan Fungsi ForkliftMengenal Jenis dan Fungsi Forklift
Mengenal Jenis Forklift dan Fungsinya
Dalam sebuah bisnis dan industri baik retail ataupun manufaktur, pastinya sudah tidak asing lagi dengan kendaran yang berfunsi sebagai material handling ini, biasa di sebut Forklift.


Copyright © 2018 - Nami Forklift All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT